Kumpulan Soal Essay Informatika SMA Kelas 11 semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban tentang Algoritma & Pemrograman

Hallo Shobat Arsyila id, Kali ini kami akan berbagi tentang soal Essay informatika SMA/MAkelas 11 semester 1 dan kunci jawaban kurikulum 13 tentang algoritma & pemrograman.

Dimulai dari pertanyaan nomor 1, berikut dibawah ini soal essay/uraian informatika kelas 11 semester ganjil kurtilas dengan kunci jawaban tentang algoritma & pemrograman.




1. Jenis variabel yang di deklarasikan di luar fungsi yang dapat digunakan bersama-sama tanpa harus dideklarasikan secara berulang-ulang adalah….
Jawaban: Variabel Global

2. Pada dasarnya, AI memiliki sifat alamiah prediktif berdasarkan….
Jawaban: data

3. Terangkan pengertian pemrograman modular!
Jawaban: Pemrograman modular identic dengan pemrograman yang dilakukan dengan membuat subprogram-subprogram (modul) diluar dari program utama. Modul yang sudah dirancang dapat dipasang ke dalam program lain yang membutuhkan. Teknil pemograman modular (procedure dan function) modularisasi memberikan dua keuntungan yaitu aktivitas yang harus dilakukan lebih dari satu kali sehingga modularisasi dapat menghindari penulisan teks program yang sama berulang kali, serta adanya kemudahan dalam menulis dan menemukan kesalahan (debug) program.

4. Sebutkan fungsi nonvoid (fungsi yang mengembalikan nilai)!
Jawaban: Fungsi jenis ini sering disebut function, karena mampu mengembalikan nilai keluaran yang didapat dari fungsi tersebut. Ciri khas dari fungsi nonvoid identic dengan memiliki keyword return, tipe data pada deklarasi fungsi, dan memiliki nilai kembalian.

5. Bentuk alternative dari penalaran deduktif?
Jawaban: induktif

6. Tuliskan fungsi  void (fungsi yang tidak mengembalikan nilai)!
Jawaban: Fungsi jenis ini sering disebut prosedur, karena tidak mengembalikan suatu nilai keluaran yang di dapat dari fungsi tersebut. Ciri khas dari fungsi void adalah tidak memiliki keyword return, tipe data terletak pada deklarasi fungsi, dan tidak dapat ditampilkan langsung.

7. Terangkan perbedaan mendasar antara Procedure dengan Function!
Jawaban: Perbedaan mendasar antara Procedure dengan Function adalah sebagai berikut.
a. Procedure bisa mengembalikan nilai/hasil dan bisa juga tidak mengembalikan nilai, tetapi function wajib mengembalikan nilai keluaran.
b. Procedure membutuhkan suatu variabel khusus untuk menampung hasil/nilai ketika terjadi suatu proses perhitungan, tapi kala function tidak membutuhkan karena ada fungsi berlaku ketentuan bahwa nama fungsi = nama/variabel proses.
c. Pada Procedure proses pencetakan hasil proses berada dalam blok subrutinnya sendiri untuk kemudian tinggal dipanggil nama procedurnya di program utama,tetapi pada function proses pencetakan hasil/nilai sekalian dibuat di program utama ketika pemanggilan function-nya.

8. Pencarian beruntun memiliki satu kekurangan, yaitu….
Jawaban: dalam pencarian elemen yang sama pada suatu data, maka yang ditemukan hanya satu elemen saja

9. Perangkat lunak yang bertugas melayani percakapan dengan pengunjung secara objektif untuk berkomunikasi seresponsif mungkin adalah….
Jawaban: Chatbot

10. Rata-rata waktu penginstalan VB tergantung pada kecepatan internet, tetapi minimal membutuhkan waktu….
Jawaban: 30 menit

11. Sebuah game yang di-hosting Google yang memberi peluang manusia menggambar sederhana dalam waktu kurang dari 20 detik adalah….
Jawaban: Draw!

12. Jabarkan perbedaan mendasar antara kecerdasan buatan (komputer) dengan kecerdasan alami (manusia)!
Jawaban: Adapun perbedaan antara kecerdasan buatan (komputer) dengan kecerdasan alami (manusia) adalah sebagai berikut.
- Kecerdasan buatan
a. Bersifat permanen
b. Mudah diduplikasi dan disebarluaskan
c. Dapat lebih murah daripada manusia cerdas
d. Dapat didokumentasikan

- Kecerdasan alami
a. Bersifat kreatif
b. Menggunakan pengalaman panca indera secara langsung
c. Menalar berdasarkan pemahaman yang luas dari pengalaman
d. Memiliki tingkat keterampilan yang luas mulai dari pemula, pemula lanjut, kompeten, profisien, dan ahlinya (expert)

13. Sebutkan lima jenis kecerdasan buatan yang sering kita temui!
Jawaban: Lima jenis kecerdasan buatan yang sering kita temui, yaitu sebagi berikut
a. Algoritma Genetik (Genetik Algorithms)  biasanya digunakan di bidang kedokteran, missal untuk menganalisis DNA.
b. Jaringan syaraf Buatan (Artificial Neural Networks) merupakan sekelompok jaringan saraf (neuron) buatan yang menggunakan model matematis atau komputasi untuk pemrosesan informasi berdasarkan pendekatan terhubung pada komputasi. Pada kebanyakan kasus, JST merupakan sistem adaptif yang merubah strukturnya berdasarkan informasi eksternal maupun internal yang mengalir melalui jaringan tersebut.
c. Logika Fuzzy (Fuzzy Logics) adalah salah satu komponen pembentuk soft computing. Logika fuzzy pertama kali diperkenalkan oleh Prof. Lotfi A. Zadeh. Dasar logika fuzzy adalah teori himpunan fuzzy
d. Peramainan Komputer (Games) paling disukai anak-anak, misalnya memainkan game Age of Mythology atau Counter Strike.
e. Robotika (Robotic) banyak digunakan di pabrik. Biasanya dibuat untuk melakukan kegiatan otomatisasi, missal dalam PLC (Programmable Logic Control)

14. Tuliskan hubungan mendasar antara Robotic dengan AI!
Jawaban: Robotic atau Robotika merupakan salah satu cabang AI yang menggabungkan cabang-cabang AI yang lain termasuk ketiga cabang di atas untuk membentuk sebuah sistem robotik. Keempat cabang AI tersebut merupakan cabang umum yang banyak dipelajari, masih banyak cabang-cabang AI yang lainnya. Seiring perkembangan riset dalam AI, dapat dimungkinkan akan muncul cabang-cabang baru yang melengkapi unsur AI sehingga AI menjadi sebuah sistem lengkap dan akan mencapai goal-nya yang sampai sekarang masih belum sempurna.

15. Aplikasi Microsoft Visual Studio dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam native code yang artinya….
Jawaban: dalam bentuk bahasa mesin yang berjalan di atas Windows

16. Suatu metode pengurutan di mana dalam proses pengurutannya bertujuan menentukan posisi elemen suatu nilai….
Jawaban: Counting sort

17. Tempat peletakan pernyataan (perintah) berada di antara tanda….
Jawaban: ‘( )’

18. Uraikan Neural Network beserta tiap lapisannya!
Jawaban: Neural Network mengandung tiga lapisan, yaitu lapisan masukan, lapisan tersembunyi, dan lapisan keluaran. Lapisan-lapisan ini mengandung ribuan, terkadang jutaan, dari simpul-simpul. Informasi dimasukan ke dalam lapisan input. Masukan diberi bobot tertentu, dan simpul yang saling berhubungan melipatgandakan bobot sambungan saat mereka berpergian. Pada dasarnya, jika unit informasi mencapai ambang tertentu, maka ia dapat lolos ke lapisan berikutnya. Belajar dari pengalaman, mesin membandingkan output dari jaringan saraf, kemudian memodifikasi koneksi, bobot, dan ambang berdasarkan perbedaan di antara mereka.

19. Jabarkan tentang proses mengevaluasi dan memilih algoritma berdasarkan teknologi AI dalam e-commerce!
Jawaban: Sesuatu dapat digolongan sebagai AI jika bisa meniru fungsi kognitif manusia, seperti mengenali lingkungan sekitarnya, menangkap pola, membuat keputusan, dan pada kasus tertentu bisa melakukan pembelajaran(learning). Dalam hal ini, fungsi Al adalah sebagai solusi terhadap berbagai hal secara lebih cepat dan cerdas. AI tidak harus selalu berbentuk robot seperti di film fiksi-ilmiah. AI bisa juga berupa komputer, perangkat, atau bahkan piranti lunak tanpa wujud. Jika disadari, hal tersebut itu merupakan bentuk kecerdasan buatan yang dibenamkan dalam perangkat keseharian. Namun tidak jarang juga kita sebagai pengguna justru tidak sadar bahwa kecerdasan buatan telah meresap dalam kehidupan. Misalnya iklan produk yang terus-menerus tampil di halaman website yang kita kunjungi. Terkesan seperti mengingatkan apa yang dicari sebelumnya. Hal tersebut merupakan salah satu contoh penerapan AI dalam e-commerce. Terdapat begitu banyak bentuk pengadopsian teknologi AI dalam konteks e-commerce, tetapi yang umum digunakan, yaitu chatbot, layanan pelanggan, serta pemasaran/penjualan.

20. Jenis metode yang memiliki pola yang sama seperti mengurutkan kartu adalah….
Jawaban: Insertion Sort

Demikianlah Kumpulan Soal PG Informatika SMA Kelas 11 semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban tentang Algoritma & Pemrograman , Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..


No comments for "Kumpulan Soal Essay Informatika SMA Kelas 11 semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban tentang Algoritma & Pemrograman"

Berlangganan via Email