Kumpulan Soal Essay Informatika Kelas 11 semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban tentang Analisa Data (Part 2)

Hallo Shobat Arsyila id, Kali ini kami akan berbagi tentang soal essay informatika kelas 11 semester 1 dan kunci jawaban kurikulum 13 tentang Analisa Data.

Berikut dibawah ini soal essay informatika kelas 11 semester 1 dan kunci jawaban kurikulum 13 yang melanjutkan dari Kumpulan Soal Essay Informatika Kelas 11 semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban tentang Analisa Data sebelumnya.


21. Berikan contoh penggunaan induksi kuat dan induksi lemah!
Jawaban:
No
Jenis induksi
contoh
1
Induksi kuat
Semua burung gagak yang kulit berwarna hitam
2
Induksi lemah
Aku selalu menggantung gambar dengan paku.
Banyak denda mengebut diberikan pada remaja.

22. Jabarkan hubungan antara penalaran induktif dengan pengamatan khusus!
Jawaban: Penalaran induktif dimulai dengan pengamatan khusus yang diyakini sebagai model menunjukkan suatu kebenaran atau prinsip dianggap dapat berlaku secara umum. Perbedaan dari penalaran deduktif memberlakukan prinip-prinsip umum untuk mencapai kesimpulan spesifik, sementara penalaran induktif menguji informasi spesifik yang mungkin berupa banyak potongan informasi sepesifik untuk menarik suatu kesimpulan umum. Adapun salah nalar adalah kesalahan struktur atau proses formal penalaran dalam menurunkan kesimpulan sehingga kesimpulan tersebut menjadi tidak valid. Berdasarkan pengertian tersebut, salah nalar bisa terjadi jika pengambilan kesimpulan tersebut menjadi tidak valid. Terdapat beberapa bentuk salah nalar yang sering dijumpai yaitu menegaskan yaitu menegaskan konsekuen, menyangkal antiseden, pentaksaan, perapatan-lebih, parsialitas, pembutikan analogis, perancuan urutan kejadian dengan penyebaban, serta pengambilan konklusi psangan.

23. Uraikan komponen keakuratan data/informasi yang berkaitan dengan Completeness!
Jawaban: Komponen ini dapat berarti bahwa informasi yang dihasilkan atau dibutuhkan harus memiliki kelengkapan yang baik. Hal tersebut dapat terjadi karena bila informasi yang dihasilkan sebagian-sebagian tentunya akan mengaruhi dalam pengambilan keputusan atau menentukan tindakan secara keseluruhan. Jadi akan berpengaruh terhadap kemampuannya untuk mengontrol atau memecahkan suatu maslaah yang terjadi dalam suatu organisasi tersebut.

24. Jabarkan hubungan mendasar file basis data antara Security Problem!
Jawaban: Data jenis ini berhubungan dengan masalah keamanan data dalam sistem basis data. Pada prinsipnya, file basis data hanya boleh digunakan oleh pemakai tertentu yang memilikin wewenang untuk mengaksesnya. Pembatasan ini dikendalikan secara intern dalam program aplikasi yang digunakan. Teknik yang bisa digunakan adalah pemakaian password pada awal proses maupun password berlapis yang diberikan pada awal setiap proses. Adapun, untuk melindungi data dari kerusakan biasanya dapat dibuat backup data.

25. Jelaskan yang dimaksud interprestasi data!
Jawaban: Proses interprestasi data sebenarnya sudah dilakukan bersamaan ketika koding. Saat mengklarifikasi, peneliti membacar transkrip dengan teliti lalu memecahnya ke dalam beberapa tema yang sudah diturunkan dari rumusan masalah penelitian. Ketika mengklarifikasi itulah upaya interprestasi data dilakukan. Langkah memahami data sosial secara interpretatif ini mengindikasikan adanya unsur subjektivitas peneliti dalam analisis data kualitatif. Sebagaimana proses koding, usaha menginterprestasi data tidak dilakukan sekali saja, tetapi berulang. Data tekstual yang sudah dikategorisasi sesuai tema diinterprestasi kembali dalam rangka mencari hubungan antartema dalam label atau kode yang berbeda. Riset sosial selalu melibatkan interprestasi. Di satu sisi, interprestasi mengindikasikan unsur subjektif dalam penelitian. Di sisi lain, justru di situlah kekuatan riset kualitatif dimana peneliti sebagai bagian dari instrument riset berperan sangat penting dalam proses analisis.

26. Mengapa performing statistics sangat penting dilakukan?
Jawaban: Setelah data di-entry ke software statistic siap diterapkan. Tahapan teknis analisis data stastik harus dikuasai oleh peneliti atau pengolah data. Analisis menggunakan SPSS secara teknis tentu saja berbeda dengan STATA atau lainnya. Sesuai dengan keahlian dan tingkat familiaritas peneliti terhadap software statistic, teknik analisis siap diterapkan. Output dari analisis menggunakan SPSS atau STATA bisa ditampilkan dalam beragam bentuk seperti diagram, tabel, grafik, atau lainnya. Sebelumnya, peneliti memeriksa nilai elemen-elemen penting dalam statistic, seperti p-value, outliers, chisquare, dan sebagainya.

27. Uraikan permbangan teknologi informasi (IT) pada dua dasa warsa terakhir!
Jawaban: Perkembangan teknologi yang emmanfaatkan Teknologi Informasi (IT) dirasa sangat pesat terutama pada dua dasa warsa terakhir. Perkembangan yang sangat cepat tidak bisa dilepaskan dari perangkat lunak yang berjalan diatas hardware. Tidak ada alasan yang membuat keamanan pada sistem aplikasi dirasa tidak penting. Hampir semua sistem yang dikendalikan oleh perangkat lunak, atau ketika aplikasi menjadi pengendali utamanya, memiliki potensi ancaman dari berbagai celah keamanan. Mulai dari aplikasi yang mengandalkan jaringan internet untuk berjalan lancer, aplikasi pengelola komunikasi dan sumber daya yang bisa dikendalikan darimana saja, aplikasi sekali pakai yang butuh akan perlindungan source code. Software Engineers sangat berperan besar dalam pengembangan software ini diharapkan peka terhadap hal-hal rawan dan menghasilkan sistem yang memiliki ketahanan yang bisa dipercaya, tentu saja dengan tidak melupakan tujuan utama dari pembuatan program.

28. Tuliskan hubungan antara elemen dalam sistem pengolahan data dengan bahasa pemrograman!
Jawaban: Bahasa pemograman atau sering diistilahkan bahasa komputer adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa ini memberi peluang kepada seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

29. Terangkan pengertian data dalam ruang lingkup sistem pengolahan data!
Jawaban: Data adalah kumpulan fakta atau kejadian yang digunakan sebagai penyelesaian masalah dalam bentuk informasi. Data juga berlaku sebagai kumpulan fakta yang mewakili suatu objek, misalnya manusia, barang dan sebagainya yang direkam ke dalam bentuk huruf, angka, symbol, teks, bunyi, gambar, ataupun kombinasinya.

30. Terangkan hubungan antara sistem informasi dengan semua elemen-elemen komponen fisik!
Jawaban: Suatu sistem informasi terdiri dari beberapa elemen-elemen penting yang terdiri dari orang, prosedur, perangkat keras, perangkat lunak, basis data, jaringan komputer dan komunikasi data. Semua elemen-elemen ini merupakan komponen fisik. Dengan demikian-elem-elemen komputer sangat penting dan berhubungan satu sama lain. Jika beberapa elemen tersebut ada satu yang tak bisa bersatu maka konsekuensinya mungkin bisa jadi system tidak akan berjalan sempurna berbeda dengan seumpama elemen-elemen itu saling terhubung antara satu dengan yang lainnya sehinga bisa menimbulkan sistem yang berjalan sangat dinamis dan juga efisien.

31. Jabarkan komponen Economy dalam akurasi data!
Jawaban: Komponen ini bahwa kualitas dari informasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan juga bergantung pada nilai ekonomi yang terdapat di dalamnya.

32. Tuliskan tentang Data Inconsistency!
Jawaban: Munculnya data yang tidak konsisten pada area yang sama untuk beberapa file dengan kunci yang sama. Ketidakkonsistenan ini mungkin terjadi akibat kesalahan dalam penusukan data (data entry), yaitu proses mengupdate data, tetapi akibatnya muncul data yang tidak konsisten.

33. Sebutkan bentuk-bentuk kesalahan deduktif!
Jawaban: Bentuk kesalahan deduktif adalah sebagai berikut.
a. Dalam cara berfikir deduktif kesalahan yang biasa terjadi adalah kesalahan premis mayor yang tidak dibatasi.
b. Kerap kali pula terjadi kesalahan berupa kesimpulan terlalu luas/kesimpulan lebih luas dibandingkan premis. Premis mayor partikular dan kesimpulan merupakan universal
c. Kesalahan deduktif selanjutnya adalah kesimpulan dan premis-premis negative.
d. Dalam hal ini term tengah dalam premis minor tidak merupakan bagian dari term mayor pada premis mayor atau memang tidak ada hubungan antara kedua pernyataan

34. Mengapa urutan logis sangat penting?
Jawaban: Suatu karangan harus merupakan kesatuan. Ini berarti bahwa karangan itu harus dikembangkan dalam urutan yang sistematik, jelas, dan tegas. Dalam hal ini, urutan dapat disusun berdasarkan urutan waktu (kronologis), urutan ruang(spasial), urutan alur penalaran, dan urutan kepentingan.

Demikianlah Kumpulan Soal Essay Informatika SMA Kelas 11 semester 1 Kurikulum 2013 tentang Analisa Data Beserta Jawaban (Part 2), Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..


No comments for "Kumpulan Soal Essay Informatika Kelas 11 semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban tentang Analisa Data (Part 2)"

Berlangganan via Email