Kumpulan Soal Essay Informatika Kelas 11 semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban tentang Analisa Data

Hallo Shobat Arsyila id, Kali ini kami akan berbagi tentang soal essay informatika kelas 11 Semester 1 dan kunci jawaban kurikulum 13 tentang Analisa Data.



1. Tuliskan beberapa bentuk pengolahan data yang sering digunakan!
Jawaban: Beberapa bentuk pengolahan data yang sering digunakan adalah sebagai berikut.
a. Pengolahan data dengan pengurutan, pengelompokan, pemilihan, dan pengabaikan data yang tidak diperlukan
b. Pengelolaan secara aritmatika seperti perkalian, pembagian, penambahan, pengurangan, pembulatan atau penghilangan pecahan
c. Pengolahan secara statistika seperti rataan, minimum, maksimum, standar deviasi, dan distribusi frekuensi

2. Bagaimanakah posisi penempatan Field dalam sebuah data base?
Jawaban: Field adalah kumpulan dari data karakter yang membentuk satu arti. Jadi, jika terdapat field misalnya seperti nomer barang atau nama barang, maka yang dipaparkan dalam field tersebut harus yang berkaitan dengan nomer barang dan nama barang. Definisi field yang lainnya, yaitu tempat atau kolom yang terdapat dalam suatu tabel untuk mengisikan nama-nama (data) field yang akan diisikan.

3. Uraikan mengenai proses mengolah data kompleks!
Jawaban: Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghindari duplikasi data, hubungan antardata yang tidak jelas, serta update yang rumit. Proses memasukkan dan mengambil data ke dan dari media penyimpanan data memerlukan peranngkat lunak yang disebut dengan sistem manajemen basis data (Database Management System-DBMS). DBMS merupakan sistem perangkat lunak yang memberi peluang pada pengguna database (database user) untuk memelihara, menontrol, dan mengakses data secara praktis dan efisien. Dengan kata lain, semua akses ke basis data akan ditangani oleh DBMS. Terdapat beberapa fungsi yang harus ditangani DBMS, yaitu mengolah pendefinisian data, menangani permintaan pemakai untuk mengakses data, memeriksa sekuriti dan integrii data yang didefinisikan oleh DBA (Database Administrator), menangani kegagalan dalam pengaksesan data yang disebabkan oleh kerusakan sistem maupun disk dan menangani unjuk kerja semua fungsi secara efisien.

4. Sebutkan program utilitas yang digunakan oleh DBA!
Jawaban: Beberapa program utilitas yang digunakan DBA diantaranya sebagai berikut.
a. Loading Routines untuk membangun versi utama dari basis data
b. Reorganization Routines untuk mengatur/mengorganisasikan kembali basis data
c. Journaling Routines untuk mencatat semua operasi pemakaian basis data.
d. Recovery Routines untuk menempatkan kembali data sebelum terjadinya kerusakan.
e. Statistical Analysis Routines untuk membantu memonitor kehandalan sistem.

5. Istilah yang digunakan pada ruang penyimpanan?
Jawaban: Space

6. Langkah terakhir dari rangkaian pembuatan form access adalah….
Jawaban: klik Finish

7. Output dari analisis statistik menggunakan SPSS atau STATA dapat ditampilkan dalam bentuk….
Jawaban: diagram, tabel, grafik, atau lainnya

8. Pada tahap analisis data, prinsipnya merupakan upaya dalam….
Jawaban: mereduksi data

9. Terangkan perbedaan antara generalisasi dan analogi dalam sebuah hasil hasil pengamatan!
Jawaban: Generalisasi adalah proses berpikir berdasarkan hasil pengamatan atas sejumlah gejala dan fakta dengan sifat-sifat tertentu mengenai semua atau sebagaian dari gejala serupa itu. Adapun, analogi merupakan cara menarik kesimpulan berdasarkan hasil pengamatan terhadap sejumlah gejala khusus yang bersamaan. Hubungan sebab akibat adalah hubungan ketergantungan antara gejala-gejala yang mengikuti pola sebab-akibat, akibat-sebab, dan akibat-akibat.

10. Mengapa fakta dapat dikatakan sebagai unsur dasar penalaran ilmiah?
Jawaban: Jumlah fakta tak terbatas sifatnya pun beraneka ragam. Banyak diantara fakta-fakta itu saling berkaitan, baik secara fungsional maupun dalam hubungan sebab akibat. Hubungan itu kadang-kadang sangat erat atau dalam suatu rangkaian yang rumit sehingga sulit untuk mengenalinya. Guna memahami fakta-fakta yang sangat banyak itu, terlebih dahulu kita perlu mengenali fakta-fakta itu secara sendiri-sendiri. Ini berarti bahwa kita harus mengetahui ciri-ciri sejumlah fakta dengan melihat perbedaan-perbedaan serta persamaan-persamaan yang terdapat diantara fakta-fakta itu. Dengan demikian, mungkin juga dapat dikenali hubungan yang terdapat diantaranya. Pengenalan hubungan tersebut kerap kali mengalami kesulitan, sehingga kadang-kadang harus dilakukan melalui penelitian.

11. Jelaskan yang dimaksud koding secara tekstual!
Jawaban: Keseluruhan material atau data yang sudah berupa teks di-manage berdasarkan tema tertentu yang relevan dengan fokus penelitian. Proses pengklasifikasian teks sesuai tema disebut analis tematik. Pada tahap data tekstual direduksi atau diseleksi sesuai kebutuhan penelitian. Koding adalah proses pengidentifikasian tema dari hasil transkrip yang sudah dibaca. Data yang di-koding diberi lebel untuk kemudahan analisis. Perlu diingat bahwa proses koding merupakan proses yang intensif, tidak linear dan sekali jalan langsung jadi. Perlu pemeriksaan terhadap maisng-masing naskah transkip secara hati-hati dan berulang. Setelah data tertentu dipecah menjadi bagian-bagian sesuai tema dan diberi label, tak jarang analis melihat kembali naskah transkrip tersebut untuk diperiksa lagi. Analis atau peneliti juga memeriksa rangkaian hasil koding antar transkip dan mencari hubungan antara teks yang berbeda label. Dengan demikian, proses koding adalah proses silang dan bolak-balik dari transkip ke hasil koding, ke label, ke transkip lain dan seterusnya sampai tidak ada data yang relevan yang tersisa.

12. Bila mengungkapkan sekumpulan data, maka yang harus dilakukan terlebih dulu adalah….
Jawaban: memilah-milah antara tipe atau jenis datanya

13. Guna melihat hasil dari form access yang telah dibuat dapat dilakukan dengan cara….
Jawaban: pilihan Views > pilih Form View

14. Basis data (database) terdiri atas dua kata, yaitu….
Jawaban: kata basis dan data

15. Proses interpretasi data sebenarnya sudah dilakukan bersamaan melakukan….
Jawaban: proses koding

16. Tuliskan hubungan antara manajemen data dengan penelitian kualitatif!
Jawaban: Penelitian kualitatif biasanya menggunakan wawancara dan observasi partisipatoris sebagai instrument pengumpulan datanya. Hal ini menjadikan data kualitatif bisanya berupa teks atau narasi tekstual, tak terkecuali riset kualitatif yang mengaplikasikan analis wacana sebagai metode penelitiannya. Analis wacana dan riset kualitatif lainnya menggunakan teks sebagai unit analisis. Data selain teks harus dikonversi terlebih dahulu menjadi teks. Proses ini dinamakan dengan transkripsi. Hasil wawancara yang berupa rekaman audio atau video perlu di transkrip guna keperluan analisis. Proses transkripsi menjadi bagian awal dan krusial dalam tahap manajemen data penelitian kualitatif. Selain transkrip, proses yang lumrah dilakoni yaitu translasi. Tentu saja jika data tekstual memerlukan translasi.

17. Guna melindungi data dari kerusakan biasanya dapat dibuat….
Jawaban: backup data

18. Jenis data berhubungan dengan unjuk kerja sistem dalam melakukan kendali pada semua bagian sistem, sehingga sistem selalu beroperasi dalam pengendalian yang penuh adalah….
Jawaban: Integrity Proble

19. Sebutkan perbedaan mendasar antara penalaran induksi dan deduksi !
Jawaban:
No
Induksi
Deduksi
1.
Proses pemikiran yang didalamnya akal dapat bertolak dari pengetahuan tentang beberapa hal,kejadian, ataupun peristiwa yang lebih konkrit atau umum lalu ,menyimpulkan hal yang lebih umum
Proses pemikiran yang didalamnya akal dapat bertolak dari pengetahuan yang lebih umum untuk menyimpulkan hal yang lebih khusus
2.
Kesimpulan dalam penalaran induktif bersifat generalisasi, sintesis karena itu tidak menjamin kepastian mutlak
Kesimpulan pada penalaran deduktif bersifat analistis karena itu pasti 100% kalau argumentasinya shohih dari sudut logika formal.
3.
Penalaran induktif tidak bersifat shahih/tidak shahih melainkan apakah satu penalaran induktif lebih probable (tegantung sample yang dijadikan alasan penyimpulan) dari yang lain. Tinggi rendahnya kadar keboleh jadian dalam kesimpulan bergantung pada alasan. Kalau alasan cukup, kesimpulan benar, kalau alasan tidak cukup mungkin benar.
Penalaran deduktif besifat shahih kalau kesimpulan relevan pada alasan/premis atau tidak shohih kalau kesimpulan tidak relevan pada proses.
4.
Penalaran induktif tidak bisa siap dipakai untuk membenarkan induksi.
Penalaran adalah dasar membangun danmenilai prinsip prinsip ilmu pengetahuan.


20. Terangkan pengertian penalaran!
Jawaban: Penalaran adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera (pengamatan empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yang sejenis juga akan terbentuk proposisi-proposisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proposisi yang diketahui atau dianggap benar, orang menyimpulkan sebuah proposisi baru yang sebelumnya tidak diketahui. Dlaam penalaran, proposisi yang dijadikan dasar penyimpulan disebut dengan premis (antesendens) dan hasil kesimpulannya disebut dengan konklusi (consequence). Hubungan antara premis dan konklusi disebut konsekuensi.

Demikianlah Kumpulan Soal Essay Informatika Kelas 11 semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban tentang Analisa Data , Semoga bermanfaat dan selamat mencoba..


No comments for "Kumpulan Soal Essay Informatika Kelas 11 semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban tentang Analisa Data "

Berlangganan via Email