Viral, Zao Aplikasi Tukar Wajah buatan developer asal China Diduga Curi Data Pengguna


Zao Aplikasi buatan developer asal China, belakangan ini mendadak viral. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk bertukar wajah dengan selebriti, bintang olah raga, atau siapapun. Aplikasi ini telah diunduh oleh jutaan pengguna dalam beberapa hari.

Dikutip dari techno.okezone.com (26/09/2019) yang melansir dari laman The Guardian, Senin sayangnya aplikasi Zao dikritik karena masalah privasi. Teknologi kecerdasan (AI) pada aplikasi disinyalir mampu mencuri data dengan verifikasi identitas.



Pengguna mendaftar Zao dengan nomor telepon dan mengunggah foto mereka. Kemudian pengguna dapat memilih selebritas yang digunakan untuk melapisi wajah mereka.

Selain selebritas Tiongkok, wajah-wajah terkenal lainnya di aplikasi ini termasuk Leonardo DiCaprio dan Marilyn Monroe.
Gu Shi, seorang siswa berusia 21 tahun di Shanghai, mengunduh Zao setelah melihat teman-temannya memposting klip di feed WeChat mereka.

"Saya belum pernah mencoba menggunakan riasan dan gaya rambut Jepang karena terlalu rumit untuk melakukan semuanya sendiri. Aplikasi ini memberi saya kesempatan untuk mencoba gaya yang sama sekali berbeda dari kehidupan normal saya," kata Shi.


Namun, ketika aplikasi menjadi viral, beberapa pengguna mengeluh bahwa kebijakan privasinya dapat membahayakan mereka.

Pasalnya, salah satu bagian dari perjanjian pengguna mengatakan konsumen yang mengunggah gambar mereka setuju untuk menyerahkan hak kekayaan intelektual ke wajah mereka, dan mengizinkan Zao untuk menggunakan gambar mereka untuk tujuan pemasaran.

Zao pun langsung mengkonfirmasi hal tersebut dan klarifikasi di Weibo bahwa mereka mengatasi masalah itu.

"Kami benar-benar memahami kecemasan yang dimiliki orang-orang terhadap masalah privasi. Kami telah menerima pertanyaan yang Anda kirimkan kepada kami. Kami akan memperbaiki area yang belum kami pertimbangkan dan membutuhkan waktu," kata pihak Zao.

Harap dicatat, aplikasi Zao ke App Store iOS China pada 30 Agustus 2019 dan dengan cepat menjadi viral. dan Menurut sebuah posting di produsen aplikasi di Cina situs media sosial Weibo, Server Zao hampir hancur oleh download banjir.

Menurut App Annie, sebuah perusahaan yang track download di seluruh dunia aplikasi, Zao adalah aplikasi gratis yang paling banyak diunduh iOS App Store di Cina pada tanggal 1 September.

Aplikasi Zao diterbitkan oleh Momo Inc, yang sebelumnya terkenal karena berkencan aplikasi yang kemudian berubah menjadi sebuah layanan live streaming. Perusahaan ini terdaftar di bursa saham New York pada tahun 2014. Baca juga : gagegofood.com (Blog resep masakan)

(Sumber: Okezone)


Posting Komentar

0 Komentar