Langsung ke konten utama

Pengertian bisnis


Bisnis ialah organisasi yang menjual barang maupun jasa kepada konsumen ataupun bisnis yang lain, untuk memperoleh laba sebesar- besarnya. Menurut bahasa bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti“ sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan kegiatan dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi kapatalis, mayoritas bisnis dipunyai oleh pihak swasta, bisnis dibangun untuk memperoleh profit dan tingkatkan kemakmuran para pemiliknya.

Secara Etimologi, bisnis merupakan kondisi dimana seorang maupun sekelompok orang sibuk melaksanakan pekerjaan yang menciptakan keuntungan. Dalam arti luas ‘bisnis’ merupakan sesuatu aktivitas yang dilakukan oleh orang maupun sekelompok orang( organisasi) yang menghasilkan nilai lewat penciptaan benda dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan keuntungan yang maksimum lewat transakasi. Terdapat beberapa definisi bisnis dari beberapa tokoh antara lain:

  • Hughes dan Kapoor menyatakan bahwa bisnis merupakan sesuatu aktivitas usaha orang yang terorganisasi untuk menciptakan dan menjual barang dan jasa guna memperoleh keuntungan dalam penuhi kebutuhan masyarakat dan terdapat dalam industri “Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a provit, the goods and services that satisfy societies needs.The general term business refer to all such efforts within a society or within an industry”. 
  • Musselman dan Jackson menyatakan bahwa : Bisnis ialah sesuatu kegiatan yang penuhi kebutuhan dan kemauan ekonomis masyarakat dan perusahaan diorganisasikan untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut.
  • Griffin dan Ebert menyatakan bahwa bisnis ialah sesuatu organisasi yang sediakan barang dan jasa serta bertujuan untuk menciptakan profit( laba)“ Business is an organization that provides goods or services in order toearn provit”.( 1996)
  • Allan Afuah mengatakan bahwa bisnis ialah sekumpulan kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan dengan metode menggembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang maupun jasa yang di idamkan konsumen.( 2004).

Tujuan Bisnis

Dalam berbisnis maupun berwirausaha pasti kita memiliki tujuan, untuk sebelumnya kita wajib berupaya mengolah bahan untuk dijadikan produk yang dibutuhkan oleh konsumen ialah berbentuk barang dan jasa. Sebaliknya, tujuan dari industri merupakan memperoleh laba maksimum, ialah sesuatu imbalan yang diperoleh oleh industri dari penyediaan suatu produk untuk para konsumen.

Fungsi Bisnis

Ada pula fungsi dari Bisnis diantaranya ialah:


Acquiring Raw Materials( mendapatkan bahan baku)

Dalam membuat roti kita membutuhkan tepung terigu untuk membuatnya, membuat lemari kita pula membutuhkan kayu untuk membuatnya, dan dalam menciptakan buku tulis kita membutuhkan bahan untuk menciptakannya.

Manufacturing Raw Materials into products

Sehabis bahan baku yang kita peroleh nanti bakal diolah jadi suatu produk. Misalnya: Dalam membuat roti, tepung terigu diubah jadi roti dengan bermacam rasa.

Distributing Products to Consumers

Produk yang dihasilkan kemudian di distribusikan kepada konsumen.

Elemen- elemen dalam sistem bisnis

Elemen- Elemen dalam sistem bisnis terdiri dari 4, ialah:

1. Modal( Capital)
Beberapa uang yang digunakan untuk melaksanakan aktivitas bisnis ialah transaksi.
2. Bahan- bahan( Materials)
Aspek penciptaan yang dibutuhkan dalam melakukan kegiatan bisnis buat diolah serta menciptakan benda serta jasa yang diperlukan warga.
3. Sumber Daya Manusia( SDM)
Kualifikasi SDM, ialah mempunyai keahlian kompetitif dan bermutu besar.
4. Keahlian Manajemen( Management Skill)
Sistem manajemen yang dijalankan bersumber pada prosedur dan tata kerja manajemen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Contoh Soal UTS/PTS Penjas Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

Arsyila id ***Kumpulan Contoh Soal UTS/PTS Penjas Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban yang admin publish ini, berisikan soal-soal penilaian tengah semester genap Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas 11 mulai dari Bab 1 sampai Bab 2, dengan materi soal penjaskes tentang Menganalisis Keterampilan Gerak Permainan Bola Besar dan Bola Kecil sampai soal penjas orkes tentang atletik dan bela diri.

Ada 50 butir soal (30 PG + 20 essay) yang bisa anda pelajari sebagai referensi belajar menghadapi ujian tengah semester yang sebenarnya.

Berikut, soal PTS Penjas dan kunci jawaban untuk siswa SMA/MA/MAK/SMK/Sederajat...

1. Berat peluru pada olahraga tolak peluru kategori senior putri adalah.....kg
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6
e. 7
Jawaban: b

2. Mengumpan bola basket kepada teman yang dilakukan dengan satu tangan dinamakan teknik....
a. chest pass
b. bounce pass
c. overhead pass
d. under pass
e. baseball pass
Jawaban: e.

3. Gerakan melompat mendekati ring untuk memasukkan bola …

Resep Bola Bola Pisang Coklat Lumer Goreng Crispy

Arsyila id *** Resep Bola Bola Pisang Coklat Lumer Goreng Crispy- Alterasi olahan pisang dengan resep bola bola pisang coklat lumer goreng crispy terbuat dengan cara membuat yang gampang serta simpel di rumah, dan dapat pula bagaikan inspirasi usaha buat jualan.

Resep bola pisang coklat yang digunakan kali ini merupakan pisang tanduk, sebaliknya buat tipe pisang yang lain wajib diatur lagi takaran pemakaian tepung terigu, sebab tingkatan kelembakan pisang yang berbeda- beda. Hendaknya jangan pakai pisang yang sangat lembek, sebab bakal banyak memakai terigu sehingga rasa pisangnya jadi kurang dominan.


Resep Bola Bola Pisang Coklat Lumer Goreng Crispy
Bahan Bola Pisang Coklat:

1 kilogram pisang tanduk( 5 buah)30 gr tepung terigu20 gr gula pasir20 gr susu bubuk1 sdt garam1 sachet vaniliSeperlunya selai coklatSeperlunya tepung roti ataupun tepung panir kasarLarutkan seperlunya tepung terigu dengan air buat bahan pencelup

Resep Bola Bola Pisang Coklat Lumer Goreng Crispy
Teknik Membuat Bola Bo…

Kumpulan Contoh Soal UTS/PTS Penjas Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part 2