Langsung ke konten utama

Luar biasa! Berikut 5 Manfaat Bawang Merah dalam Masakan dan Bagi Kesehatan

Hallo Shobat Syila, gimana kabarnya? Dalam keadaan yang sekarang lagi gencarnya pada aksi demo tentang RUU KUHP, Mari kita terus belajar bersama dalam segala hal. Termasuk juga terkait kesehatan dan resep masakan. Disini Syila akan memberikan informasi tentang 5 manfaat bawang merah dalam masakan dan sangat penting bagi kesehatan.


Bawang merah menambahkan rasa lezat pada masakan. Dapat digunakan dalam keadaan segar, sebagai produk sayuran acar, bumbu tumisan, hingga jadi taburan bawang goreng. Rasanya agak seperti bawang bombay, tapi lebih ringan. Bawang merah tidak sekedar berfungsi sebagai pelezat masakan saja, tetapi juga karena nilai gizi yang sebenarnya lebih unggul dari bawang biasa dalam beberapa cara. Mari kita melihat lebih dekat beberapa nutrisi yang menyusun sayuran yang serbaguna dan populer ini.

Bawang merah kaya akan flavonol dan senyawa polifenol, dalam jumlah yang lebih tinggi daripada bawang bombay dan bawang putih. Selain itu, bawang merah juga mengandung serat makanan, protein, vitamin C, kalium, folat, vitamin A, vitamin B6, dan mangan. Lebih lanjut, manfaat kesehatan bawang merah meliputi:

Memberikan Rasa Gurih

Hampir seluruh daerah di Indonesia menggunakan bawang merah dalam olahan kulinernya. Bawang merah mampu menonjolkan rasa masakan dan memberikan rasa gurih terutama untuk masakan pedas yang menggunakan cabai seperti bumbu balado, nasi goreng, rujak, dan sebagainya. Selain itu, bawang merah yang diiris dan digoreng (bawang goreng) sering sekali digunakan sebagai taburan untuk meningkatkan rasa dan aroma pada makanan.

Bertindak sebagai Agen Antioksidan

Mangan yang terdapat dalam kandungan bawang merah memiliki fungsi antioksidan di dalam tubuh. Senyawa yang kuat ini membantu mengurangi mutasi sel yang bisa menjadi penyebab kanker. Penelitian telah menemukan keterkaitan bawang merah dengan pengurangan beragam kanker.

Meningkatkan Sirkulasi & Metabolisme

Kandungan mineral bawang merah biasanya lebih tinggi dari bawang bombay, termasuk zat besi, senyawa copper, dan kalium. Zat besi dan copper dapat membantu meningkatkan sirkulasi dalam tubuh dengan merangsang produksi sel darah merah. Dengan lebih banyak sel darah merah dalam aliran darah, sirkulasi darah meningkat, membawa lebih banyak oksigen ke area-area penting tubuh sembari juga meningkatkan pertumbuhan sel baru dan metabolisme.

Turunkan Kolesterol & Tingkatkan Kesehatan Jantung

Allicin, senyawa yang terbentuk ketika bawang merah diiris secara langsung dikaitkan dengan pengaturan kadar kolesterol dalam tubuh. Allicin menghambat enzim reduktase yang diproduksi di hati, yaitu enzim yang mengontrol produksi kolesterol. Dengan menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh, bawang merah dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

Menurunkan Tekanan Darah

Kombinasi kalium dan allicin melepaskan nitric oxide dalam tubuh, sehingga tekanan darah menurun secara signifikan. Vasodilator melemaskan dinding pembuluh darah dan memungkinkan darah mengalir lebih bebas. Ini mencegah pembekuan dan tekanan pada sistem kardiovaskular, sehingga kedepannya membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung.


Demikian pembahasan syila tentang manfaat bawang merah diatas, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan komen di kolom komentar untuk menambah artikel ini dalam kekurangannya. Salam..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Contoh Soal UTS/PTS Penjas Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

Arsyila id ***Kumpulan Contoh Soal UTS/PTS Penjas Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban yang admin publish ini, berisikan soal-soal penilaian tengah semester genap Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas 11 mulai dari Bab 1 sampai Bab 2, dengan materi soal penjaskes tentang Menganalisis Keterampilan Gerak Permainan Bola Besar dan Bola Kecil sampai soal penjas orkes tentang atletik dan bela diri.

Ada 50 butir soal (30 PG + 20 essay) yang bisa anda pelajari sebagai referensi belajar menghadapi ujian tengah semester yang sebenarnya.

Berikut, soal PTS Penjas dan kunci jawaban untuk siswa SMA/MA/MAK/SMK/Sederajat...

1. Berat peluru pada olahraga tolak peluru kategori senior putri adalah.....kg
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6
e. 7
Jawaban: b

2. Mengumpan bola basket kepada teman yang dilakukan dengan satu tangan dinamakan teknik....
a. chest pass
b. bounce pass
c. overhead pass
d. under pass
e. baseball pass
Jawaban: e.

3. Gerakan melompat mendekati ring untuk memasukkan bola …

Resep Bola Bola Pisang Coklat Lumer Goreng Crispy

Arsyila id *** Resep Bola Bola Pisang Coklat Lumer Goreng Crispy- Alterasi olahan pisang dengan resep bola bola pisang coklat lumer goreng crispy terbuat dengan cara membuat yang gampang serta simpel di rumah, dan dapat pula bagaikan inspirasi usaha buat jualan.

Resep bola pisang coklat yang digunakan kali ini merupakan pisang tanduk, sebaliknya buat tipe pisang yang lain wajib diatur lagi takaran pemakaian tepung terigu, sebab tingkatan kelembakan pisang yang berbeda- beda. Hendaknya jangan pakai pisang yang sangat lembek, sebab bakal banyak memakai terigu sehingga rasa pisangnya jadi kurang dominan.


Resep Bola Bola Pisang Coklat Lumer Goreng Crispy
Bahan Bola Pisang Coklat:

1 kilogram pisang tanduk( 5 buah)30 gr tepung terigu20 gr gula pasir20 gr susu bubuk1 sdt garam1 sachet vaniliSeperlunya selai coklatSeperlunya tepung roti ataupun tepung panir kasarLarutkan seperlunya tepung terigu dengan air buat bahan pencelup

Resep Bola Bola Pisang Coklat Lumer Goreng Crispy
Teknik Membuat Bola Bo…

Kumpulan Contoh Soal UTS/PTS Penjas Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part 2