Silase Jagung, Metode Pemberian Pakan Sapi Perah Untuk Tingkatkan Hasil



Selain beternak sapi pedaging, pebisnis agro di bidang peternakan sapi juga bisa melirik peluang bisnis sapi perah. Hasil susu yang konstan adalah tujuan utama dari sapi perah. Selain itu, sapi perah kualitas afkir nantinya bisa juga dijual untuk mendapatkan pengembalian modal. 

Bisnis ternak sapi perah dianggap mengguntungkan karena adanya alasan konstan dari segi pemasukkan. Meski harga susu sapi mentah terkadang tidak stabil tetapi biaya pakan masih bisa ditutupi dari hasil harian memerah susu sapi. 


Dari pemikiran inilah, banyak orang di lokasi yang sesuai untuk mengembangkan sapi perah mulai mengagas konsep-konsep beternak sapi perah untuk meraih keuntungan lebih. Beberapa ada yang berskala rumahan sisanya merupakan holding besar dengan jumlah sapi ternak cukup banyak.
Namun semua mengalami kendala yang relatif sama. Dimana hal utama tentu berkaitan dengan bagaimana trik untuk mengenjot laju produksi susu. 

Belakangan, ditemukan sebuah teknik bernama silase. Teknik ini merupakan suatu cara pengawetan bagi makanan ternak dalam bentuk hijaun yang bertujuan untuk mendapatkan konsentrat bagi peningkatan laju produksi susu sapi. 

Dari sekian banyak penelitian dan pengamatan lapangan. Teknik silase yang paling efektif menggunakan jagung sebagai bahan utama konsentratnya. Penambahan silase jagung pada keseluruhan konsentrat pakan sapi, ternyata mampu meningkatkan hasil produksi hingga 500% lebih, hasil ini didapat dari uji lapangan yang diterapkan oleh para peternak di sebuah lokasi di Jawa Timur.
Cara ini menjadi dasar bagi para peternak sapi perah agar bisa mendapatkan hasil optimal untuk setiap ternak sapi yang mereka pelihara. Pakan yang digunakan untuk uji tersebut berdasar campuran antara 20 kilogram silase, 7 kilogram konsentrat pakan, dan 25 kilogram rumput segar per ekor sapi perah yang dipelihara. 

Hasilnya ada peningkatan selain dari kuantitas juga termasuk dari kualitas susu yang dihasilkan. Susu ternak sapi yang diberi pakan dengan metode silase jagung ternyata lebih tinggi rendemennya. Dengan demikian kualitas ini mampu menembus pasar industri. 

Salah satu cara untuk menjadikan susu sapi produksi para peternak lokal adalah dengan meningkatkan kualitas susunya. Pabrik pengolahan produk susu sapi memang sudah mempunyai standar khusus dalam hal rendemen yang diharapkan dan bisa diterima. 

Acuan standar inilah dimana kadang peternak tidak bisa memenuhi kriteria sebagaimana diharapkan oleh industri. Karenanya hasil dari susu yang dihasilkan peternak lokal terkadang tidak mampu menembus pasar industri sehingga menjadikan produk susu hanya dipasarkan sebagai susu segar saja.
Silase jagung bukan hanya meningkatkan kuantitas dari hasil sapi perah, melainkan juga meningkatkan kualtias rendemen susu sapi. Tentu saja ini sesuai dengan apa yang diharapkan para peternak sapi perah pada umumnya.

Belum ada Komentar untuk "Silase Jagung, Metode Pemberian Pakan Sapi Perah Untuk Tingkatkan Hasil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel