Serba-Serbi SEO, Pengertian Serta Beda SEO On Page dan Off Page



Serba-Serbi SEO, Pengertian Serta Beda SEO On Page dan Off Page- Bagi seorang pelaku bisnis online, baik mereka yang mengembangkan situs dan blog untuk beraneka ragam keperluan, rangking terbaik di halaman pencarian pertama hingga ketiga Google menjadi tujuan. Tak pelak, aneka cara dipelajari.

Salah satu teknik yang dikembangkan serta dipelajari untuk keperluan Optimasi dan positioning atau rangking terbaik di halaman utama mesin pencari dijalankan dengan menerapkan metode SEO.


SEO sendiri adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Ini berisi serangkaian metode yang melibatkan analisa, implementasi, serta reportase data sebagai dasar penerapan metodenya.

Dari sejarahnya, istilah SEO muncul dan berkembang pada seputaran Juli 1997 dan berbentuk pesan SPAM yang dikirimkan via jaringan Usenet. Seiring berjalannya waktu, mereka yang menerapkan SEO digolongkan menjadi praktisi yang sifatnya Blackhat/Whitehat/Greyhat. Ini merujuk pada metodologi yang diterapkan.

SEO Blackhat menghalalkan segala macam metode, sepanjang itu membuahkan keuntungan rangking situs tampil di halaman pertama mesin pencari. Sementara SEO Whitehat berusaha untuk membuat kiriman dengan metode yang lebih natural, bukan sekedar membombardir mesin pencari agar memberikan posisi terkemuka. Sedangkan SEO Greyhat lebih bersifat gabungan kedua metode tersebut.

Elemen dalam SEO On Page dan Off Page

SEO dibagi menjadi dua jenis. Secara gampang disebut dengan istilah SEO On Page dan Off Page. Dalam setiap jenis terdapat elemen didalamnya yang masing-masing menjadi fokus penerapannya. Berikut ini detilnya.

SEO ON PAGE
Optimasi SEO on Page dilakukan dari dalam situs. Beberapa elemen yang termasuk didalamnya antara lain; URL Domain, Template, Tag Judul, Meta Tag, Format (H1-H3), Link Internal, Image Alt Text, URL Artikel, Sitemap, Mobile Friendly faktor (Accelerated Mobile Pages), serta struktur penulisan artikel yang termasuk didalamnya antara lain penggunaan Bold, Italic, Underline untuk menegaskan suatu maksud.

SEO OFF PAGE
Seperti namanya, karakter untuk jenis SEO ini dijalankan dari luar situs. Cara ini sering juga menjadi salah satu celah untuk menerapkan metode SEO yang sifatnya Blackhat dan sering bertentangan dengan TOS (Term of Service) yang dikeluarkan mesin pencari. Unsur-unsurnya antara lain; Social Media Sharing, membangun Backlink, untuk backlink terdapat banyak elemen lain yang juga masih perlu diketahui seperti misalnya, Dummy Blog, Blog Walking serta lainnya.

Penggunaan tools dari mesin pencari (utamanya Google) juga masuk dalam kategori SEO Off Page. Tools tersebut seperti; Google Analytics, Google Trends, Webmaster, Adwords Keyword Planner, Page Speed Insights, Content Experiments, dan lainnya.

Selain itu, ada juga elemen  SEO Off Page lainnya seperti misalnya, sharing gambar dari artikel terkait dan melakukan reupload dengan disertai keterangan berupa link balik ke artikelnya. Ini dipercaya mampu meningkatkan backlink.

Secara umum dapat disimpulkan, bahwa SEO berarti tindakan-tindakan untuk meningkatkan posisi sebuah situs atau blog di mesin pencari. Metode SEO dibedakan menjadi dua jenis yaitu SEO On Page, yang dilakukan dari dalam situs, dan SEO Off Page yang diterapkan dengan metode dari luar situs.

Belum ada Komentar untuk "Serba-Serbi SEO, Pengertian Serta Beda SEO On Page dan Off Page"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel