Halaman

    Social Items


Agar Bayi Cerdas- Hallo Shobat Arsyila, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting khususnya kepada calon ibu atau ibu yang lagi menyusui supaya bayi anda cerdas, maka anda harus tau tentang nutrisi penting yang dibutuhkan bayi dari makanan yang dimakan oleh sang ibu yang lagi menyusui si buah hati.


Memiliki anak yang cerdas dan sehat, pastinya menjadi dambaan para orang tua. Berbagai hal dapat dilakukan untuk melakukan hal tersebut, seperti mengonsumsi makanan ibu menyusui Agar bayi cerdas.

Memberikan air susu ibu (ASI) pada bayi memiliki sangat banyak manfaat, antara lain mengurangi risiko infeksi telinga dan drainase napas, serta meminimalisir risiko bayi mengalami kendala buang air besar.

Di samping itu, proses menyusui juga membantu dalam membentuk hubungan yang erat antara bayi dan ibu. Yang tak kalah penting, sejumlah penelitian mengemukakan bahwa anak-anak yang  diberi ASI mempunyai tingkat kepintaran (Intelligence Quotient/IQ) yang lebih tinggi.

Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas


Sampai dengan saat ini, belum diketahui adanya makanan khusus bagi ibu menyusui yang bisa membuat bayi cerdas. Sebenarnya, walau ibu menyusui tidak mendapat  nutrisi yang lengkap, ASI yang dikeluarkan masih dapat memenuhi keperluan gizi bayi.  Dan kekurangan dari jenis nutrisi tertentu yang dibutuhkanoleh sang bayi itu akan diambil dari tubuh ibu.

Namun bila tidak dipedulikan dalam jangka panjang, hal ini bisa memengaruhi situasi kesehatan ibu. Itulah sebabnya penting  untuk tidak mengonsumsi satu jenis makanan tertentu atau melakukan diet berlebihan. Hal ini dapat meminimalisir kualitas dan jumlah ASI.

Untuk mengawal kualitas dan jumlah ASI, ibu menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi selama 2000 -2500 kalori per hari, banyak minum air putih, dan tidur yang cukup. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, ibu menyusui butuh mengonsumsi pelbagai jenis makanan dengan gizi seimbang.

Makanan yang baik untuk  ibu menyusui butuh berisi sekian banyak  nutrisi berikut:

1. Karbohidrat kompleks

Makanan yang berisi karbohidrat kompleks, seperti gandum, kacang-kacangan, sayur, dan buah, adalah pilihan yang baik untuk mencukupi keperluan energi pada masa menyusui. Hal ini sebab karbohidrat kompleks dipahami lebih lambat daripada karbohidrat sederhana, sampai-sampai dapat memasok energi lebih lama dan gula darah pun akan lebih stabil.

2. Protein

Bagi ibu menyusui, sangat penting untuk memenuhi keperluan protein. Protein diperlukan oleh bayi untuk menyusun jaringan saraf dan otak. Berdasarkan keterangan dari penelitian, asupan protein yang lumayan dari ASI berperan sangat penting dalam pertumbuhan otak bayi, sehinga akan mendorong  kecerdasannya kelak.

Makanan yang mempunyai sumber protein tersebut antara lain yaitu telur, daging tanpa lemak, ikan, produk olahan susu, kacang-kacangan atau biji-bijian, serta gandum utuh.

3. Lemak sehat

Saat menyusui, disarankan menghindari lemak jahat, misalnya lemak bosan atau lemak trans. Lemak tersebut berada pada mentega, minyak kelapa sawit, krim, serta daging dan susu berlemak (whole milk).

Sebaliknya, pilihlah makanan dengan lemak sehat yang berisi omega-3. Lemak sehat dapat Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan laut, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, serta minyak zaitun.

Ikan laut sering dianjurkan untuk dikonsumsi ibu menyusui sebab berisi protein tinggi serta omega-3, yang terdiri dari DHA dan EPA. Nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan mata dan otak bayi, serta menunjang tumbuh kembangnya secara umum supaya kelak ia menjadi anak yang cerdas.

4. Zat besi

Zat besi memegang peranan sangat penting dalam proses perkembangan otak bayi. Oleh sebab itu, ibu menyusui dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya kandungan zat besi, seperti daging, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan gandum utuh.

Untuk membantu penyerapan zat besi, konsumsilah makanan yang berisi vitamin C, seperti buah dan sayur.

5. Kalsium

Susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt, juga sayuran berwarna hijau adalah sumber kalsium yang baik. Makanan lainnya yang juga tinggi kalsium ialah tahu, tempe, susu kedelai, serta jus atau sereal yang telah diberi ekstra kalsium.

Dalam memilih makanan ibu menyusui agar bayi cerdas yang perlu diingat  ialah memvariasikan jenis makanan yang dikonsumsi supaya asupan nutrisi yang didapatkan lebih beragam. Apabila diperlukan, maka berkonsultasilah pada dokter gizi untuk memahami nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh ibu menyusui dan bayi.

Mom; Agar Bayi Cerdas, Pahami Nutrisi Penting dari Makanan Ibu Menyusui


Agar Bayi Cerdas- Hallo Shobat Arsyila, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting khususnya kepada calon ibu atau ibu yang lagi menyusui supaya bayi anda cerdas, maka anda harus tau tentang nutrisi penting yang dibutuhkan bayi dari makanan yang dimakan oleh sang ibu yang lagi menyusui si buah hati.


Memiliki anak yang cerdas dan sehat, pastinya menjadi dambaan para orang tua. Berbagai hal dapat dilakukan untuk melakukan hal tersebut, seperti mengonsumsi makanan ibu menyusui Agar bayi cerdas.

Memberikan air susu ibu (ASI) pada bayi memiliki sangat banyak manfaat, antara lain mengurangi risiko infeksi telinga dan drainase napas, serta meminimalisir risiko bayi mengalami kendala buang air besar.

Di samping itu, proses menyusui juga membantu dalam membentuk hubungan yang erat antara bayi dan ibu. Yang tak kalah penting, sejumlah penelitian mengemukakan bahwa anak-anak yang  diberi ASI mempunyai tingkat kepintaran (Intelligence Quotient/IQ) yang lebih tinggi.

Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Cerdas


Sampai dengan saat ini, belum diketahui adanya makanan khusus bagi ibu menyusui yang bisa membuat bayi cerdas. Sebenarnya, walau ibu menyusui tidak mendapat  nutrisi yang lengkap, ASI yang dikeluarkan masih dapat memenuhi keperluan gizi bayi.  Dan kekurangan dari jenis nutrisi tertentu yang dibutuhkanoleh sang bayi itu akan diambil dari tubuh ibu.

Namun bila tidak dipedulikan dalam jangka panjang, hal ini bisa memengaruhi situasi kesehatan ibu. Itulah sebabnya penting  untuk tidak mengonsumsi satu jenis makanan tertentu atau melakukan diet berlebihan. Hal ini dapat meminimalisir kualitas dan jumlah ASI.

Untuk mengawal kualitas dan jumlah ASI, ibu menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi selama 2000 -2500 kalori per hari, banyak minum air putih, dan tidur yang cukup. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, ibu menyusui butuh mengonsumsi pelbagai jenis makanan dengan gizi seimbang.

Makanan yang baik untuk  ibu menyusui butuh berisi sekian banyak  nutrisi berikut:

1. Karbohidrat kompleks

Makanan yang berisi karbohidrat kompleks, seperti gandum, kacang-kacangan, sayur, dan buah, adalah pilihan yang baik untuk mencukupi keperluan energi pada masa menyusui. Hal ini sebab karbohidrat kompleks dipahami lebih lambat daripada karbohidrat sederhana, sampai-sampai dapat memasok energi lebih lama dan gula darah pun akan lebih stabil.

2. Protein

Bagi ibu menyusui, sangat penting untuk memenuhi keperluan protein. Protein diperlukan oleh bayi untuk menyusun jaringan saraf dan otak. Berdasarkan keterangan dari penelitian, asupan protein yang lumayan dari ASI berperan sangat penting dalam pertumbuhan otak bayi, sehinga akan mendorong  kecerdasannya kelak.

Makanan yang mempunyai sumber protein tersebut antara lain yaitu telur, daging tanpa lemak, ikan, produk olahan susu, kacang-kacangan atau biji-bijian, serta gandum utuh.

3. Lemak sehat

Saat menyusui, disarankan menghindari lemak jahat, misalnya lemak bosan atau lemak trans. Lemak tersebut berada pada mentega, minyak kelapa sawit, krim, serta daging dan susu berlemak (whole milk).

Sebaliknya, pilihlah makanan dengan lemak sehat yang berisi omega-3. Lemak sehat dapat Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan laut, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, serta minyak zaitun.

Ikan laut sering dianjurkan untuk dikonsumsi ibu menyusui sebab berisi protein tinggi serta omega-3, yang terdiri dari DHA dan EPA. Nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan mata dan otak bayi, serta menunjang tumbuh kembangnya secara umum supaya kelak ia menjadi anak yang cerdas.

4. Zat besi

Zat besi memegang peranan sangat penting dalam proses perkembangan otak bayi. Oleh sebab itu, ibu menyusui dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya kandungan zat besi, seperti daging, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan gandum utuh.

Untuk membantu penyerapan zat besi, konsumsilah makanan yang berisi vitamin C, seperti buah dan sayur.

5. Kalsium

Susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt, juga sayuran berwarna hijau adalah sumber kalsium yang baik. Makanan lainnya yang juga tinggi kalsium ialah tahu, tempe, susu kedelai, serta jus atau sereal yang telah diberi ekstra kalsium.

Dalam memilih makanan ibu menyusui agar bayi cerdas yang perlu diingat  ialah memvariasikan jenis makanan yang dikonsumsi supaya asupan nutrisi yang didapatkan lebih beragam. Apabila diperlukan, maka berkonsultasilah pada dokter gizi untuk memahami nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh ibu menyusui dan bayi.

Subscribe Our Newsletter