Halaman

    Social Items

Mengapa Domain Penting Untuk Bisnis?


Arsyila id *** Kali ini untuk mengikuti kompetisi yang diadakan rumahweb, admin akan mengupas tuntas mengapa domain penting untuk bisnis? Yuk mari kita simak ya… hehe.

Bagi Anda yang sudah akrab dengan dunia digital online, pastinya sudah sering kali mendengar kata domain dan hosting. Akan tetapi, untuk yang baru mulai menggunakan dunia internet, apakah juga sudah tahu?

Sebelum kita membahas mengenai mengapa domain penting untuk bisnis, marilah kita sejenak menundukkan kepala seraya berdoa sambil mengingat kembali apa itu domain dan hosting.

Disini kami menggambarkan tentang domain dan hosting merupakan dua komponen penting yang ada pada dunia internet terlebih lagi dalam menghadapi revolusi industri 4.0 sekarang ini. Bahwa di era revolusi industri 4.0 ini, hampir semua penggiat bisnis online, internet marketing, web developer, blogger dan lain sebagainya pastilah sudah sangat akrab dengan dua istilah domain dan hosting tadi.

Domain secara singkat dapat diartikan sebagai alamat dari sebuah website, sedangkan hosting dapat diartikan sebagai tempat menampung data dari website tersebut.

Domain

Domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat server computer. Pada awalnya, alamat server computer ini dilambangkan dengan deretan angka yang disebut sebagai alamat IP (Internet Protocol Address). Namun karena penggunaan alamat IP (Internet Protocol Address) dirasa kurang praktis, maka dibuatlah domain untuk menggantikan deretan alamat IP (Internet Protocol Address)  tersebut.

Yang paling utama Fungsi domain adalah supaya pengguna tak perlu lagi menghafal deretan alamat IP (Internet Protocol Address) suatu website, melainkan cukup dengan mengetik alamat domain website tersebut. Domain sekarang ini lebih akrab dikenal oleh orang sebagai alamat website atau yang kadang juga disebut sebagai alamat URL.

Diawal penggunaannya domain hanya bias dituliskan menggunakan abjad latin. Namun seiring berkembangnya teknologi dan kemajuan zaman, kini domain juga bias dituliskan menggunakan abjad asing.

Nama domain haruslah membentuk sebuah kata dan diakhiri dengan ekstensi. Beberapa contoh ekstensi yang popular ialah .com, .net, .org.

Adapula domain yang mewakili asal Negara website tersebut seperti .id untuk Indonesia,.uk untuk  Negara Inggris dan .us untuk Negara Amerika Serikat.

Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan data dari website. Data-data website yang diletakkan pada web hosting haruslah memiliki koneksi internet agar dapat diakses oleh banyak orang melalui jaringan internet.

Data yang disimpan dapat berupa gambar, video, email, dokumen dan website.

Penyedia jasa hosting seperti rumahweb akan menyediakan server yang aktif selama 24 jam nonstop agar orang-orang dapat berkunjung ke website anda setiap saat.

Server hosting pada umumnya wajib mempunyai koneksi internet dengan kecepatan tinggi karena hal ini sangatlah berpengaruh pada kecepatan akses suatu website.

Simpelnya ialah domain itu ibarat alamat rumah, sedangkan free hosting itu ibarat numpang tinggal dirumah mertua, shared hosting adalah ibarat sewa kamar tempat tinggal atau nge-kost, VPS hosting adalah ibarat mempunyai sebuah apartement dan dedicated hosting adalah ibarat kita mempunyai sebuah rumah sendiri, sudah jelas kan??? Hehe…

Lalu mengapa domain itu penting untuk bisnis?


Berikut ini arsyila.id coba memberikan 5 alasan menarik tentang mengapa sebuah domain sangat penting bagi bisnis anda.

Menambah kredibilitas bisnis anda

Mempunyai domain sendiri akan membuat anda atau mungkin perusahaan anda menjadi terlihat lebih keren dan profesional. Misalnya www.arsyila.id hal ini akan menambah kepercayaan pelanggan terhadap anda, dibandingkan dengan arsyila.blogspot.com.

Pertanda anda telah berpikiran maju

Memiliki sebuah domain menunjukkan bahwa anda merupakan bagian dari revolusi digital yang berarti bahwa anda selalu up-to-date pada teknologi yang muncul. Memiliki nama domain anda juga dapat menempatkan anda di depan pesaing anda.

Dapat Meningkatkan kehadiran online bisnis anda

Memiliki domain dapat membuat anda selalu membawa nama tersebut jika anda melakukan proses transfer web host atau mengganti in-house server anda. Jika anda tidak memiliki domain sendiri, anda harus menggunakan sebuah URL baru, yang akan menghambat proses branding yang telah anda lakukan.

Dapat menarik orang ke dalam bisnis anda

Jika anda memutuskan untuk mendaftarkan domain yang sesuai dengan konsep bisnis anda dan bukan nama bisnis, anda mungkin akan dapat menarik orang-orang untuk mencari topik itu. Misalnya, jasa layanan website, domain dan hosting yang terdaftar dengan domain rumahweb.com mungkin akan mendapatkan pengunjung yang ingin mencari jasa pembuatan website, atau domain serta hosting secara online di Internet.

Membangun merek/ Brand anda

Domain juga dapat meningkatkan kesadaran orang-orang terhadap merek bisnis anda. Jika domain anda sesuai dengan nama perusahaan anda, hal tersebut akan memperkuat merek anda, sehingga memudahkan pelanggan untuk mengingat dan terus kembali mengunjungi bisnis anda. Hal ini juga akan membuat anda lebih mudah untuk menyebarkan bisnis anda melalui mulut ke mulut karena pelanggan akan mengingat nama merek anda dan membagikannya kepada teman-teman mereka. Intinya adalah bahwa nama domain yang baik dapat membawa anda lebih jauh. Seperti menghasilkan traffic ke situs anda dan membangun reputasi yang baik untuk bisnis anda. Yang pada akhirnya, akan menghasilkan lebih banyak pelanggan dan penjualan yang lebih baik.
Jadi, intinya adalah dari segi manfaat dan madhorot atau ruginya domain itu sangat bermanfaat sekali untuk membangun dan mengembangkan bisnis anda.

Dimana kita Membeli Domain berkualitas dengan Harga Murah?

Rumahweb adalah penjual domain murah terpercaya dan juga penyedia layanan hosting murah dan paling mantap dan terpercaya serta berkualitas.

Rumahweb memiliki pelayanan yang sangat bagus dan cepat serta sangat recommended untuk anda yang belum punya domain ataupun hosting.

Subscribe Our Newsletter