Halaman

    Social Items


Arsyila.id--Kebiasaan kantor yang tidak sehat dapat menyebabkan kadar kolesterol meningkat. Kolesterol tinggi adalah kondisi serius karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Untungnya, kolesterol yang dapat meningkat dapat menurunkan kadar kembali menjadi stabil. Tetapi seperti Lihatlah tips berikut untuk mengurangi kadar kolesterol bagi orang-orang di kantor.


Kiat untuk menurunkan kolesterol bagi orang kantoran


Penyakit jantung termasuk dalam serangkaian penyakit yang dapat menyebabkan kematian terbesar di Indonesia. Risiko akan sangat tinggi pada orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Ini terjadi karena kelebihan kolesterol dalam darah terperangkap di dinding arteri.

Seiring waktu, kolesterol akan menumpuk di plak dan mengurangi ruang pembuluh darah. Akibatnya, darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otot jantung tersumbat. Setelah itu, aterosklerosis dan serangan jantung dapat terjadi.

Untuk mencegah perkembangan penyakit ini, pekerja kantoran perlu mengontrol kadar kolesterol agar tetap normal. Kunci untuk mengubah kebiasaan di kantor menjadi lebih sehat. Jangan khawatir, Anda bisa mengikuti beberapa saran tentang cara mengurangi kadar kolesterol untuk orang-orang berikut di kantor.

1. Berhenti merokok dan hindari asap rokok.

Merokok bukan hanya musuh bagi paru-paru Anda, tetapi juga bagi semua jaringan tubuh, termasuk kolesterol. Karbon monoksida, nikotin, dan bahan kimia lainnya yang terkandung dalam rokok dapat meningkatkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida (lemak darah). Keduanya dapat membentuk plak berlilin di arteri.

Nah, untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang meningkat karena kebiasaan merokok, pekerja kantoran harus berhenti merokok. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berhenti merokok dapat meningkatkan konsentrasi HDL-C, yang merupakan kolesterol baik terhadap LDL.

Peningkatan kolesterol baik terjadi dalam waktu cepat, yaitu kurang dari 3 minggu. Ini menunjukkan bahwa berhenti merokok adalah langkah efektif bagi pekerja kantoran untuk mengurangi kolesterol tinggi.

Selain berhenti merokok, pekerja kantoran juga harus menjauhi asap rokok. Jika ada rekan yang merokok, Anda harus meninggalkan tempat itu dengan sopan. Ini agar Anda tidak ikut menghirup asap rokok dan menjadi perokok pasif.

2. Naik tangga, turun lift.

Gerakan aktif itu ternyata menyehatkan tubuh. Bukti salah satunya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi pada orang kantoran. Pekerja kantor cenderung menghabiskan waktu duduk di depan laptop. Kurangnya tubuh aktif untuk bergerak dapat menyebabkan kadar kolesterol meningkat.

Jika Anda mager atau malas bergerak, beratnya sangat mudah ditangani. Jika berat badan Anda berlebihan, kadar LDL dan trigliserida akan meningkat. Itu sebabnya pekerja kantoran harus tetap aktif meski menghabiskan waktu duduk di kursi. Ini dapat dilakukan dengan mengalikan berjalan atau menaiki tangga daripada naik eskalator atau lift.

3. Kurangi camilan makanan cepat saji.

Bekerja di kantor sepanjang hari pasti akan membuat Anda lapar atau Anda ingin mengunyah. Ini mendorongnya untuk memesan junk food yang praktis, cepat, dan tentunya bisa mengisi perutnya. Namun, makanan ini merupakan hal yang tabu bagi orang dengan kadar kolesterol tinggi.

Makanan sampah cenderung tinggi gula, garam dan lemak jenuh. Jika dikonsumsi tanpa perawatan, berat badan Anda bisa naik tanpa kendali. Akibatnya, kenaikan berat badan ini juga menyebabkan kadar kolesterol jahat meningkat.

Untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi, pekerja kantoran harus mengurangi junk food. Sebagai gantinya, selalu siapkan camilan sehat yang bisa mengisi perut Anda. Misalnya pisang, apel atau yogurt.

4. Lakukan olahraga ringan antar pekerjaan

Selain berusaha lebih aktif di kantor dengan menaiki tangga, Anda juga bisa memilih olahraga. Olahraga membantu mengontrol berat badan sambil mengurangi kadar kolesterol untuk pekerja kantoran.

Meski sibuk, olahraga ringan bisa dilakukan antara jam kantor. Anda dapat mencoba meregangkan gerakan, seperti:

  • Angkat bahu Anda ke atas dan ke bawah ke tingkat telinga Anda. Tempatkan tubuh Anda tegak, lalu angkat bahu Anda lebih dekat ke telinga Anda. Tahan selama 5 detik dan rileks. Lakukan berulang kali sebanyak 15 kali.
  • Lakukan posisi jongkok Mulailah dengan berdiri tegak, lalu rentangkan tangan ke depan. Tekuk lutut Anda perlahan-lahan dan bentuk posisi duduk tanpa kursi. Tahan posisi selama 15 detik, lalu berdiri dan berdiri tegak lagi. Ulangi gerakan ini 4 hingga 6 kali.


5. Konsumsi minuman yang mengandung inulin yang diperkaya dengan susu dan beta-glukan.

Mengurangi kadar kolesterol pada orang kantor juga dapat dilakukan dengan meningkatkan asupan serat. Misalnya, serat beta-glukan dan inulin.

Menurut penelitian, serat beta-glukan dapat berinteraksi dengan lemak darah untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi. Demikian pula, kandungan prebiotik dalam inulin dapat mengurangi kadar serum LDL dalam tubuh.

Anda bisa mendapatkan manfaat baik ini dari minuman yang mengandung susu yang telah diperkaya dengan beta-glukan dan inulin. Namun, untuk mengurangi kadar kolesterol, disarankan untuk mengikuti diet sehat, berolahraga secara teratur, cukup istirahat dan rajin mengontrol kadar kolesterol.

5 Rahasia untuk menurunkan kolesterol bagi orang kantoran


Arsyila.id--Kebiasaan kantor yang tidak sehat dapat menyebabkan kadar kolesterol meningkat. Kolesterol tinggi adalah kondisi serius karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Untungnya, kolesterol yang dapat meningkat dapat menurunkan kadar kembali menjadi stabil. Tetapi seperti Lihatlah tips berikut untuk mengurangi kadar kolesterol bagi orang-orang di kantor.


Kiat untuk menurunkan kolesterol bagi orang kantoran


Penyakit jantung termasuk dalam serangkaian penyakit yang dapat menyebabkan kematian terbesar di Indonesia. Risiko akan sangat tinggi pada orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Ini terjadi karena kelebihan kolesterol dalam darah terperangkap di dinding arteri.

Seiring waktu, kolesterol akan menumpuk di plak dan mengurangi ruang pembuluh darah. Akibatnya, darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otot jantung tersumbat. Setelah itu, aterosklerosis dan serangan jantung dapat terjadi.

Untuk mencegah perkembangan penyakit ini, pekerja kantoran perlu mengontrol kadar kolesterol agar tetap normal. Kunci untuk mengubah kebiasaan di kantor menjadi lebih sehat. Jangan khawatir, Anda bisa mengikuti beberapa saran tentang cara mengurangi kadar kolesterol untuk orang-orang berikut di kantor.

1. Berhenti merokok dan hindari asap rokok.

Merokok bukan hanya musuh bagi paru-paru Anda, tetapi juga bagi semua jaringan tubuh, termasuk kolesterol. Karbon monoksida, nikotin, dan bahan kimia lainnya yang terkandung dalam rokok dapat meningkatkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida (lemak darah). Keduanya dapat membentuk plak berlilin di arteri.

Nah, untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang meningkat karena kebiasaan merokok, pekerja kantoran harus berhenti merokok. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berhenti merokok dapat meningkatkan konsentrasi HDL-C, yang merupakan kolesterol baik terhadap LDL.

Peningkatan kolesterol baik terjadi dalam waktu cepat, yaitu kurang dari 3 minggu. Ini menunjukkan bahwa berhenti merokok adalah langkah efektif bagi pekerja kantoran untuk mengurangi kolesterol tinggi.

Selain berhenti merokok, pekerja kantoran juga harus menjauhi asap rokok. Jika ada rekan yang merokok, Anda harus meninggalkan tempat itu dengan sopan. Ini agar Anda tidak ikut menghirup asap rokok dan menjadi perokok pasif.

2. Naik tangga, turun lift.

Gerakan aktif itu ternyata menyehatkan tubuh. Bukti salah satunya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi pada orang kantoran. Pekerja kantor cenderung menghabiskan waktu duduk di depan laptop. Kurangnya tubuh aktif untuk bergerak dapat menyebabkan kadar kolesterol meningkat.

Jika Anda mager atau malas bergerak, beratnya sangat mudah ditangani. Jika berat badan Anda berlebihan, kadar LDL dan trigliserida akan meningkat. Itu sebabnya pekerja kantoran harus tetap aktif meski menghabiskan waktu duduk di kursi. Ini dapat dilakukan dengan mengalikan berjalan atau menaiki tangga daripada naik eskalator atau lift.

3. Kurangi camilan makanan cepat saji.

Bekerja di kantor sepanjang hari pasti akan membuat Anda lapar atau Anda ingin mengunyah. Ini mendorongnya untuk memesan junk food yang praktis, cepat, dan tentunya bisa mengisi perutnya. Namun, makanan ini merupakan hal yang tabu bagi orang dengan kadar kolesterol tinggi.

Makanan sampah cenderung tinggi gula, garam dan lemak jenuh. Jika dikonsumsi tanpa perawatan, berat badan Anda bisa naik tanpa kendali. Akibatnya, kenaikan berat badan ini juga menyebabkan kadar kolesterol jahat meningkat.

Untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi, pekerja kantoran harus mengurangi junk food. Sebagai gantinya, selalu siapkan camilan sehat yang bisa mengisi perut Anda. Misalnya pisang, apel atau yogurt.

4. Lakukan olahraga ringan antar pekerjaan

Selain berusaha lebih aktif di kantor dengan menaiki tangga, Anda juga bisa memilih olahraga. Olahraga membantu mengontrol berat badan sambil mengurangi kadar kolesterol untuk pekerja kantoran.

Meski sibuk, olahraga ringan bisa dilakukan antara jam kantor. Anda dapat mencoba meregangkan gerakan, seperti:

  • Angkat bahu Anda ke atas dan ke bawah ke tingkat telinga Anda. Tempatkan tubuh Anda tegak, lalu angkat bahu Anda lebih dekat ke telinga Anda. Tahan selama 5 detik dan rileks. Lakukan berulang kali sebanyak 15 kali.
  • Lakukan posisi jongkok Mulailah dengan berdiri tegak, lalu rentangkan tangan ke depan. Tekuk lutut Anda perlahan-lahan dan bentuk posisi duduk tanpa kursi. Tahan posisi selama 15 detik, lalu berdiri dan berdiri tegak lagi. Ulangi gerakan ini 4 hingga 6 kali.


5. Konsumsi minuman yang mengandung inulin yang diperkaya dengan susu dan beta-glukan.

Mengurangi kadar kolesterol pada orang kantor juga dapat dilakukan dengan meningkatkan asupan serat. Misalnya, serat beta-glukan dan inulin.

Menurut penelitian, serat beta-glukan dapat berinteraksi dengan lemak darah untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi. Demikian pula, kandungan prebiotik dalam inulin dapat mengurangi kadar serum LDL dalam tubuh.

Anda bisa mendapatkan manfaat baik ini dari minuman yang mengandung susu yang telah diperkaya dengan beta-glukan dan inulin. Namun, untuk mengurangi kadar kolesterol, disarankan untuk mengikuti diet sehat, berolahraga secara teratur, cukup istirahat dan rajin mengontrol kadar kolesterol.

Subscribe Our Newsletter