Langsung ke konten utama

5 Jenis Itik Pedaging Untuk Ternak Yang Harus Diketahui



5 Jenis Itik Pedaging Untuk Ternak Yang Harus Diketahui- Itik atau biasa disebut dengan istilah bebek adalah salah satu unggas yang mempunya pangsa pasar luas. Baik diternakkan untuk kebutuhan diambil daging atau telurnya, beternak itik dapat membawa sukses besar bagi si pelaku. Tentu bila dilakukan dengan dasar-dasar pengetahuan peternakan yang benar.


Sukses tidaknya beternak itik juga ditentukan dari jenis itik yang dipelihara. Terlebih bila tujuannya adalah jenis itik pedaging untuk dikonsumsi dagingnya.

Karena keragaman varietas, para peternak, apalagi para pemula kadang binggung memilih varietas itik apa yang pas untuk dipelihara sebagai itik pedaging. Karena itu, berikut ini dihadirkan rangkuman 5 varietas itik utama yang banyak dipelihara untuk kebutuhan diambil dagingnya.

Bebek Peking

Seperti namanya jenis itik ini berasal dari cina. Dikenal sebagai rajanya para itik, sajian bebek peking pernah merajai dunia kuliner dunia. Harga anakan perekor jelas diatas rata-rata itik lokal. Namun ada beberapa kelebihan utama antara lain; tahan penyakit, cepat gemuk dengan usia 2 bulan berat rata-rata berkisar 3-3,5 kg, serta rasa daging yang lebih empuk.

Bebek Lokal Magelang dan Tegal

Bebek lokal magelang dikenali dari adanya kalung di bagian lehernya, ini adalah bulu putih melingkar tepat dileher. Sementara bebek tegal juga dikenal dengan istilah bebek brebes. Kedua jenis bebek ini adalah bebek lokal yang pas untuk ternak pedaging.

Itik Alabio

Kelebihan bebek asal Kalimantan Selatan ini adalah bisa dibudidaya baik untuk ternak pedaging maupun petelur. Bebek alabio sudah muali bertelur sejak usia 6 bulan. Keunggulan ini membuatnya sekilas mirip dengan varietas bebek peking.

TikTok

Disebut demikian karena memang ini adalah hasil hibrida atau silangan antara itik dengan mentok. Diambil dari pejantan entok jantan dan bebek alabio betina, keduanya menghasilkan varietas bebek pedaging unggul. Jenis ini termasuk pas untuk bebek pedaging karena cepat besar. 

Itulah tadi kelima jenis unggul bebek yang siap diternakan sebagai bebek pedaging. Masing-masing tentu memiliki keistimewaan tersendiri sehingga mudah dibedakan dari bebek lainnya. Dengan memilih varietas paling pas, maka manajemen ternak akan jauh lebih mudah. Cara ini juga berarti akan membuat peternak mampu memilh metode pemberian pakan, perawatan kandang  dan sejenisnya secara seksama. 

Beberapa itik pedaging memang bibitnya punya kisaran harga cukup tinggi. Tapi ini lebih tepat ketimbang harus menggunakan dua metode sekaligus yaitu dari afkir bebek petelur untuk dijual sebagai bebek pedaging. 

Tentu bila mengincar pasar utama yaitu resto-resto besar. Beternak bebek peking menjadi salah satu yang direkomendasikan. Pasalnya, pasar yang tersedia sudah terbuka lebar dengan pasokan komoditas yang masih belum stabil ini tentu jadi satu peluang untuk dimasuki pebisnis pemula.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Contoh Soal UTS/PTS Penjas Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

Arsyila id ***Kumpulan Contoh Soal UTS/PTS Penjas Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban yang admin publish ini, berisikan soal-soal penilaian tengah semester genap Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan kelas 11 mulai dari Bab 1 sampai Bab 2, dengan materi soal penjaskes tentang Menganalisis Keterampilan Gerak Permainan Bola Besar dan Bola Kecil sampai soal penjas orkes tentang atletik dan bela diri.

Ada 50 butir soal (30 PG + 20 essay) yang bisa anda pelajari sebagai referensi belajar menghadapi ujian tengah semester yang sebenarnya.

Berikut, soal PTS Penjas dan kunci jawaban untuk siswa SMA/MA/MAK/SMK/Sederajat...

1. Berat peluru pada olahraga tolak peluru kategori senior putri adalah.....kg
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6
e. 7
Jawaban: b

2. Mengumpan bola basket kepada teman yang dilakukan dengan satu tangan dinamakan teknik....
a. chest pass
b. bounce pass
c. overhead pass
d. under pass
e. baseball pass
Jawaban: e.

3. Gerakan melompat mendekati ring untuk memasukkan bola …

Resep Bola Bola Pisang Coklat Lumer Goreng Crispy

Arsyila id *** Resep Bola Bola Pisang Coklat Lumer Goreng Crispy- Alterasi olahan pisang dengan resep bola bola pisang coklat lumer goreng crispy terbuat dengan cara membuat yang gampang serta simpel di rumah, dan dapat pula bagaikan inspirasi usaha buat jualan.

Resep bola pisang coklat yang digunakan kali ini merupakan pisang tanduk, sebaliknya buat tipe pisang yang lain wajib diatur lagi takaran pemakaian tepung terigu, sebab tingkatan kelembakan pisang yang berbeda- beda. Hendaknya jangan pakai pisang yang sangat lembek, sebab bakal banyak memakai terigu sehingga rasa pisangnya jadi kurang dominan.


Resep Bola Bola Pisang Coklat Lumer Goreng Crispy
Bahan Bola Pisang Coklat:

1 kilogram pisang tanduk( 5 buah)30 gr tepung terigu20 gr gula pasir20 gr susu bubuk1 sdt garam1 sachet vaniliSeperlunya selai coklatSeperlunya tepung roti ataupun tepung panir kasarLarutkan seperlunya tepung terigu dengan air buat bahan pencelup

Resep Bola Bola Pisang Coklat Lumer Goreng Crispy
Teknik Membuat Bola Bo…

Kumpulan Contoh Soal UTS/PTS Penjas Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part 2